5 Cara Membangun Sebuah Cafe dengan Budget Minim

14 Agustus 2017
5 Cara Membangun Sebuah Cafe dengan Budget Minim
Daripada ribet memasak, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk makan di cafe. Cafe menjadi alternatif restoran karena tempatnya yang relatif lebih cozy dan harganya terjangkau. Fenomena ini dijadikan peluang bagi para pengusaha untuk membuka cafe. Tak heran jika saat ini banyak cafe dengan berbagai konsep yang bermunculan. Jika Anda ingin membangun cafe tapi budget terbatas, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Menentukan Target Pasar
Cafe biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi remaja atau muda-mudi. Merekalah target Anda. Menyajikan menu yang sesuai dengan selera mereka dengan harga yang terjangkau, akan membawa angin segar bagi cafe Anda. Biasanya, pemuda pemudi ini mencari fasilitas lain selain makanan yang lezat, yakni Wifi. Pastikan cafe Anda dilengkapi Wifi agar semakin banyak mahasiswa yang datang untuk makan atau nongkrong sambil mengerjakan tugas.

Jangan lupa gunakan selalu aplikasi kasir online untuk bisnis Anda. Kenapa? Lihat alasan pentingnya menggunakan aplikasi kasir online pada artikel ini.

Mempekerjakan Sedikit Karyawan
Batasi pengeluaran Anda dengan mempekerjakan karyawan secukupnya. Ingat, di awal-awal pembukaan cafe pelanggan juga masih tidak seberapa banyak jadi cukup 2-3 orang karyawan saja. Jika perlu, Anda pun bisa ikut turun ke lapangan langsung. Jika pelanggan semakin bertambah dan Anda merasa sudah tidak bisa lagi meng-handle-nya, maka inilah saat menyewa karyawan baru. Terlalu banyak mempekerjakan karyawan yang tidak diimbangi dengan pemasukan yang stabil justru akan menjadi bumerang bagi Anda.

Sewa Tempat Tidak Perlu Terlalu Mahal
Tak perlu tempat yang mahal dan serba mewah di pusat kota, tempat dengan harga yang lebih murah juga bisa Anda pilih. Meskipun harganya murah, jika Anda bisa menyulapnya menjadi tempat yang cozy dan nyaman maka hal ini tak perlu dipermasalahkan. Begitu pula dengan lokasinya, asal tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk maka Anda bisa tetap mendapatkan pengunjung.

Tak Perlu Beli Perabotan Baru
Anda tak perlu membeli baru semua perabotan yang dibutuhkan. Apa lagi jika Anda sudah memiliki beberapa set peralatan makan dan minum dengan warna yang sama, maka ini akan sangat membantu Anda. Jika belum, Anda perlu membeli perabotan tersebut karena itu yang utama. Cari tempat yang menjual harga murah tapi kualitas tidak murahan. Tapi ingat, untuk perabotan memasak tidak perlu baru, cukup perlengkapan yang biasa Anda pakai sehari-hari saja.

Promosi dengan Bantuan Food Blogger
Hal ini sudah menjadi tren. Cari info di internet tentang food blogger yang berdomisili di daerah Anda dan undang untuk mendokumentasikan pengalaman positifnya makan di cafe baru Anda. Kalau food blogger ini punya banyak follower maka mendapatkan banyak pengunjung akan lebih mudah bagi Anda karena biasanya apa yang direkomendasikan oleh food blogger mampu mempengaruhi para follower untuk mencobanya.

Nah, membangun cafe ternyata tak perlu modal puluhan juta rupiah. Asalkan Anda bisa memanfaatkan semuanya secara maksimal dan menyulap cafe Anda menjadi tempat yang nyaman untuk pengunjung, maka hal ini akan membuat cafe Anda ramai. Pada akhirnya, seiring dengan peningkatan penjualan Anda pun dapat memoles lagi cafe Anda untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.