5 Cara Pintar Menentukan Target Pasar

16 Agustus 2017
5 Cara Pintar Menentukan Target Pasar

Salah satu cara menaikkan angka penjualan adalah dengan memperoleh sebanyak mungkin pembeli. Untuk mewujudkan hal ini, pada umumnya langkah yang dilakukan adalah melakukan pemasaran. Nah sayangnya, pemasaran yang dilakukan tak selalu bisa memberikan hasil yang maksimal. Hal itu bisa jadi disebabkan kita salah menarget pasar. Kalau kita kurang tepat sasaran dalam membidik konsumen membuat pemasaran menjadi sia-sia. Nah perlu diperhatikan, dalam melakukan kegiatan pemasaran, sudahkah kamu melakukan cara-cara di bawah ini?

Mengenali Target
Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu identitas yang akan menjadi target Anda. Misalnya berapa usia target rata-rata, jenis kelamin, status ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada daya belinya, dan juga latar belakang sosial budaya. Hal ini berkaitan dengan barang dan jasa apa yang akan Anda jual. Semisal jika Anda menjual perlengkapan bayi, tentu akan kurang efektif jika melakukan pemasaran di kalangan para remaja. Begitu pun jika Anda menjual produk kosmetik warna-warni dengan kemasan lucu, tentunya Anda tak mungkin melakukan pemasaran di kalangan ibu-ibu, bukan?

Lihat cara untuk mengubah pola pikir Anda seperti enterpreneur sukses disini.

Apa yang Sedang In di Kalangan Konsumen?
Cari tahu apa yang sedang hits di kalangan para pelanggan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan ikut bergabung di forum-forum yang ada di media sosial atau situs tertentu. Dari sini kamu bisa tahu barang dan jasa seperti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan namun belum bisa dipenuhi oleh produsen atau penjual lain yang merupakan kompetitor Anda. Dari sini Anda bisa tahu kelemahan kompetitor dan menentukan produk yang dikemas lengkap dengan kelebihan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen. Pada saat melakukan pemasaran, Anda sudah yakin dengan kelebihan Anda dan siap “membidik” para konsumen-konsumen tersebut.

Pahami Perilaku Target
Memahami perilaku konsumen juga sangat penting. Perilaku konsumen bisa meliputi bagaimana cara dia belanja, kecenderungan barang-barang apa yang dibelinya, serta apa passion mereka ketika berbelanja. Tipe konsumen juga perlu Anda ketahui, apakah mereka tipe konsumen yang lebih suka membeli secara online atau datang langsung ke toko. Dengan mengetahui perilaku konsumen, Anda tak hanya bisa menentukan target pasar tapi juga mampu melakukan upaya peningkatan untuk memberikan layanan yang maksimal.

Menentukan Produk dan Jasa yang Akan Dijual
Setelah mengetahui kekurangan-kekurangan kompetitor Anda, kini saatnya Anda muncul ke permukaan dengan menawarkan produk baru yang siap menjawab kebutuhan pasar.  Produk ini harus jelas spesifikasinya dan diperuntukkan bagi siapa. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus dalam membidik konsumen.  

Mengkaji Ulang Keputusan
Nah setelah semuanya selesai dan sebelum memulai eksekusi kegiatan pemasaran, ada baiknya Anda mengkaji ulang tentang keputusan Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah barang yang Anda jual akan benar-benar memberikan manfaat untuk konsumen, apakah harga yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan target pasar, dan sudah tepatkah target pasar yang Anda tentukan?

Menentukan produk dan jasa yang akan Anda jual harus mampu menjawab kebutuhan konsumen dan memiliki nilai lebih dari kompetitor Anda. hal ini akan membantu Anda dalam melakukan pemasaran dengan lebih terfokus. Pemasaran yang dilakukan secara random dengan barang dan jasa yang kurang terspesifikasi akan kurang memberikan hasil yang maksimal.
 
Lihat alasan bisnis Anda harus menggunakan aplikasi kasir online disini