Cara Mudah Mengelola Komisi Pegawai pada Salon Anda

10 Agustus 2017
Cara Mudah Mengelola Komisi Pegawai pada Salon Anda
Pada awal membuat suatu bisnis, mungkin Anda masih tidak mempedulikan bagaimana cara menentukan sistem gaji atau komisi para karyawan. Tetapi ketika bisnis Anda sudah berjalan sekitar enam bulan sampai satu tahun, Anda harus mulai menentukan gaji pokok dan sistem komisi para pegawai Anda. Kita akan mencontohkan bisnis salon, yang sekarang cukup menjamur di kota-kota besar di Indoensia.
Ketika Anda mendirikan sebuah bisnis salon, tentu Anda tidak bisa langsung memberikan gaji yang besar karena pelanggan belum banyak. Nah, untuk itu Anda bisa memberikan sistem komisi kepada pegawai salon Anda. Tentu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan sistem komisi ini. Simak cara mudah mengelola komisi pegawai pada salon Anda berikut ini.

Lihat bagaimana memiliki pola pikir seperti enterpreneur disini.

Kelebihan Sistem Komisi Dibandingkan Gaji Pokok
Sistem komisi akan sangat cocok diaplikasikan kepada bisnis yang baru berjalan, alasannya Anda harus benar-benar menghemat pengeluaran. Dibandingkan dengan gaji pokok, sistem komisi ini akan membuat pengeluaran bisnis Anda lebih hemat. Misalnya Anda akan membayar komisi pegawai sebesar 3 juta rupiah yang bisa mendapatkan 100 pelanggan dalam sebulan. Jika target tersebut tercapai, Anda akan senang dan pegawai juga akan senang karena target komisinya tercapai. Jika target tidak tercapai, Anda hanya membayar komisi sesuai pelanggan yang masuk.
Jika dibandingkan dengan sistem gaji pokok, misalnya Anda membayar gaji pegawai sebesar 3 juta rupiah. Berapapun pelanggan yang datang, sampai atau tidak sampai target Anda harus membayar gaji pegawai sebesar 3 juta rupiah. Jadi lebih baik Anda menggunakan sistem komisi pada awal mendirikan bisnis.

Tentukan Target Penjualan
Selanjutnya adalah Anda bisa menentukan target penjualan yang akan berhubungan langsung dengan komisi pegawai. Misalnya, target penjualan Anda adalah dalam satu bulan mendapatkan seratus pelanggan. Jika pegawai Anda ada dua orang, berarti satu orang harus mendapatkan 50 pelanggan. Jika Anda membayar komisi per pelanggan sebanyak 20 ribu rupiah, berarti mereka mendapatkan 1 juta rupiah jika 1 bulan target tercapai. Nah, di sini peran komisi akan sangat penting. Anda bisa menambahkan tambahan komisi 200 ribu rupiah atau 300 ribu rupiah jika target penjualan bulanan tercapai.

Gunakan Aplikasi Sistem Kasir dan Pegawai
Cara ketiga ini akan sangat memudahkan Anda dalam menentukan komisi pegawai di bisnis salon Anda, yaitu dengan menggunakan aplikasi sistem kasir dan pegawai. Dengan menggunakan sistem kasir dan pegawai, Anda bisa menentukan dengan jelas berapa besarnya komisi yang diterima setiap bulannya. Seperti yang ada di program Foliopos.com, Anda bahkan bisa menambahkan absensi pegawai. Jadi Anda bisa menambah komisi pegawai ketika mereka masuk dan pulang tepat waktu. Tentu ini akan menjadi salah satu hal yang akan meningkatkan performa dari para pegawai Anda.

Lihat keuntungan menggunakan aplikasi kasir online bagi bisnis Anda disini.
 
Tingkatan Terus SDM Pegawai
Di dalam membangun sebuah bisnis, Anda harus terus melibatkan pegawai Anda karena kemajuan perusahaan akan sangat tergantung dengan performa pegawai. Selain itu, performa atau meningkatnya SDM pegawai juga akan sangat berpengaruh kepada komisi pegawai. Anda tentu tidak bisa menentukan target penjualan yang tinggi jika kemampuan SDM pegawai Anda tidak terlalu bagus. Jadi, usahakan Anda mengadakan pelatihan satu bulan sekali untuk meningkatkan SDM pegawai Anda.
Sinambungkan pelatihan tersebut dengan target pegawai Anda. Misalnya, ternyata ada pegawai yang tidak mencapai target, maka Anda bisa melatih sang pegawai tersebut. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda bisa meningkatkan target agar kemampuan pegawai Anda terus meningkat.
Keempat cara di atas ini bisa Anda lakukan walaupun bisnis Anda baru berjalan atau sudah berjalan lama. Semoga dengan cara di atas Anda bisa mendapatkan solusi untuk mengembangkan bisnis salon Anda menjadi lebih besar lagi.