10 Ide Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil. Laris Manis!

17 Juli 2024
Ide Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil
Sobat Folio ingin memiliki usaha sendiri, namun keterbatasan oleh modal? Jangan khawatir, saat ini banyak usaha makanan yang popular dan kekinian yang dapat dijual dengan modal kecil tetapi bisa laku dipasaran dan berpotensi menguntungkan.

Dalam dunia usaha kuliner, makanan kekinian seringkali menjadi pilihan yang menjanjikan. Dengan modal yang relatif kecil, dapat diproduksi dari dapur rumahan, makanan ini dapat dijual dengan harga terjangkau dan dipesan secara online sehingga menarik banyak minat orang-orang.

Bukan hanya menguntungkan, tetapi memungkinkan Anda untuk terus berkreasi sekreatif mungkin dan mengikuti tren yang berkembang. Yuk, Sobat Folio simak apa saja usaha makanan kekinian dengan modal kecil tapi memiliki omzet yang menjanjikan, di sini:

Ketan Susu

Bagi sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan makanan ini yaitu ketan susu atau sering disebut tansu. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang ditanak dengan santan kemudian disajikan diatas piring kecil. Biasanya, tansu ini memiliki varian topping original yaitu perpaduan taburan keju dan siraman susu kental manis diatasnya. Namun, saat ini ketan susu sudah memiliki berbagai macam topping kekinian sehingga digemari kalangan anak muda jaman sekarang, seperti coklat, green tea, durian, kacang, coco crunch, dan mangga. Ketan susu ini memiliki tekstur yang pulen dengan rasa yang manis, gurih, dan legit serta disajikan dalam keadaan hangat sehingga menambah kenikmatan. Untuk harga setiap porsi tansu sangat bervariasi mulai dari 8 hingga 25 ribu tergantung topping yang diminta.

Ketan susu ini juga menjadi viral di berbagai sosial media dan ada satu tempat yang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta kuliner yaitu di wilayah Blok M Jakarta selatan, lebih tepatnya di Barito. Banyak penikmat kuliner yang berkunjung kesana selain karena ingin mencicipi rasanya yang enak sambil menikmati suasana yang ramah.

Puding Caramel

Pudding caramel atau kerap disebut Caramel Custard Pudding ini bisa menjadi ide bisnis kuliner Sobat Folio, lho. Bukan tanpa alasan, makanan ini sedang viral di kalangan orang dewasa karena disebut mirip dengan pudding yang ada di restoran jepang. Memiliki tekstur yang lembut seperti silky pudding, tidak terlalu padat, dan kenyal serta diatasnya ditaburi caramel dengan topping kacang atau biskuit regal. Cara membuatnya juga mudah dan Sobat Folio bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang ada di rumah yaitu telur, susu cair, gula pasir, dan margarin untuk olesan loyangnya. Adapun bahan untuk karamelnya yaitu gula pasir dan air. Di sisi lain, harga yang ditawarkan pun bisa bervariasi mulai dari 13 ribu sampai 18 ribu dan kuliner ini cocok untuk dijual secara offline maupun online ya.

Donat Kentang Kekinian

Donat kentang adalah donat yang sama dengan donat pada umumnya, namun hanya berbeda di bahan dasar saja yaitu kentang. Adapun cara untuk membuat donat kentang yaitu rebus atau kukus kentang, kemudian haluskan kentang dan campurkan dengan bahan lainnya. Uleni bahan yang sudah dicampur hingga kalis dan diamkan sejenak. Terakhir, bentuk menjadi donat dan goreng hingga matang. Memiliki tekstur yang empuk dan lembut dan juga memiliki rasa yang manis dengan aroma yang khas serta cara membuat yang cukup mudah, usaha ini cocok untuk menjadi inspirasi ide jualan makanan rumahan atau bisnis kecil – kecilan. Anda bisa menambahkan berbagai macam topping klasik, coklat, strawberry, green tea matcha, cookies and cream, tiramisu, keju, dan lain sebagainya serta tidak lupa untuk membuat kemasan yang apik agar lebih menarik minat pelanggan. Untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, Anda bisa memasarkannya secara online melalui sosial media atau aplikasi Online Food Delivery.

Dessert Box

Dessert box adalah ide makanan kekinian yang diletakkan ke dalam kotak bening yang berlapis-lapis, biasanya terdiri dari soft cake, cream, dan berbagai topping yang menarik. Memiliki cita rasa yang manis, lembut dan tampilan yang instagramable membuat dessert box sangat diminati, terutama di kalangan anak muda yang aktif di media sosial. Dessert bos ini sangat cocok untuk hadiah atau kue ulang tahun, Bagi Sobat Folio yang fashion di dunia pastry, bisnis kuliner ini bisa menjadi rekomendasi ya. Kalau Sobat Folio belum memiliki modal yang cukup besar, bisa mengakalinya dengan sistem PO (pre-order)

Salad Buah

Salad buah merupakan pilihan makanan yang sehat dan segar, cocok untuk mereka yang ingin menikmati camilan yang manis namun tetap memperhatikan kesehatan. Salad ini biasanya terdiri dari berbagai macam buah segar seperti stroberi, anggur, apel, alpukat, melon, kiwi, dan lain sebagainya yang di potong-potong, di tambahkan nata de coco, dicampur dengan mayonnaise, yoghurt, kental manis, dan keju. Membuat salad buah umumnya relatif simple dan murah sehingga memudahkan Anda untuk menjalankan usaha ini dari rumah. Penyajian yang menarik membuat salad buah sangat diminati, terutama di kalangan anak muda. Di sisi lain, selain menyajikannya dengan menarik, Anda tentunya harus memperhatikan setiap kualitas buah yang digunakan agar memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap konsumen.

Usaha Frozen Food

Frozen food dapat menjadi pilihan ide bisnis yang menjanjikan, sebab makanan ini mudah untuk di olah dan praktis disimpan dalam jangka waktu panjang tanpa mengurangi kualitas rasa. Biasanya penikmat makanan beku ini yaitu orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memasak. Usaha frozen food meliputi berbagai jenis makanan, mulai dari daging, sayuran beku, hingga makanan siap saji seperti bakso, sosis, tempura, nugget, dan lain sebagianya. Pasar frozen food terus berkembang seiring dengan gaya hidup yang serba cepat ini. Perlu diingat, untuk menjalankan usaha ini sangat penting untuk memperhatikan kualitas bahan yang dijual untuk itu carilah distributor yang sudah terpercaya.

Sobat Folio bisa memilih beraneka frozen food ini untuk menjadi rekomendasi usaha, di sini: 10 Macam-macam Frozen Food yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha, Favorit!

Chicken Katsu

Chicken katsu adalah salah satu makanan Jepang yang kekinian dan mudah dibuat. Terbuat dari fillet ayam yang dilapisi tepung roti, kemudian digoreng hingga renyah. Biasanya disajikan dengan saus teriyaki, saus pedas, kubis, kari, dan nasi putih. Namun, Anda dapat memberikan berbagai macam variasi seperti sambal matah, saus mayonaise pedas, dan lain-lain agar lebih menarik. Makanan ini digemari karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah, serta dapat disajikan sebagai lauk atau pelengkap sandwich. Makanan ini dapat menjadi usaha rumahan yang bisa Anda jual di halaman rumah.

Takoyaki

Takoyaki adalah makanan khas Jepang yang berbentuk bola-bola kecil dan terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan potongan gurita, sosis, dan keju. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus takoyaki, mayonnaise, dan taburan katsuobushi. Takoyaki menjadi usaha kuliner kekinian yang populer di kalangan pecinta street food dan mudah ditemukan di berbagai bazar dan pasar malam.

Sate Taichan

Sate taichan merupakan variasi sate ayam yang dibakar tanpa kecap atau bumbu kacang, melainkan hanya menggunakan garam dan perasan jeruk nipis saja, sehingga membuat tampilan sate taichan lebih pucat dari sate biasa. Sate ini disajikan dengan sambal pedas yang diberi taburan garam dan perasan jeruk nipis yang diulek kasar, membuat rasanya unik dan berbeda dari sate pada umumnya. Dengan kepopularitasan yang terus meningkat menjadikan sate taichan sebagai peluang bisnis kuliner yang menjanjikan.

Aneka Makanan Pedas

Makanan pedas selalu memiliki penggemar setia di Indonesia. Dengan berbagai tingkat level kepedasan yang berbeda-beda menjadikannya daya tarik tersendiri di para pecinta kuliner pedas. Berbagai makanan seperti mie pedas, ayam geprek, seblak, bakso mercon, ceker pedas, makaroni pedas, basreng, keripik kaca pedas, dan lain sebagainya. Kelezatan dan tantangan rasa pedas yang ditawarkan membuat makanan ini selalu dicari, terutama oleh anak muda yang menyukai sensasi tersebut. Berikanlah keunikan dari setiap penamaan makanan tersebut, seperti “Hot Jeletot”, “Sambal Gledek”, “Mercon”, “Pedas Gila”, dan lainnya. Dengan level-level yang berbeda-beda.

Itulah 10 ide jualan kekinian dengan modal kecil namun dengan peluang omzet yang besar yang bisa Anda coba. Berbagai ide – ide bisnis makanan tersebut dapat Sobat Folio jalankan hanya dari rumah dan dapat pula menjualnya secara online diberbagai platform media sosial atau layanan makanan online untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas.Jangan lupa untuk mencatat setiap transaksi usaha makanan Anda menggunakan Aplikasi Kasir. Sebelum itu Sobat Folio harus tahu dulu apa itu software kasir di sini: Apa yang Dimaksud dengan Software Kasir Online?    
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office