10 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Menarik Perhatian

17 Juli 2024
Ide Bisnis yang Menjanjiikan di Masa Depan
Apakah Sobat Folio ingin membuka bisnis tapi bingung menjalankan bisnis apa? Atau sedang mencari peluang bisnis yang bisa dijajal karena lagi banyaknya gelombang PHK? 

Jika iya, Sobat Folio bisa melihat daftar usaha yang bisa dijadikan ide untuk Sobat Folio, nih.

Untuk memulai suatu usaha, perlu diperhatikan apa bisnis yang ingin dibuat, bagaimana rencana bisnis, apa strategi pemasaran yang disiapkan, dan apakah sudah ada dana yang mencukupi?

Jika Sobat Folio sudah menyiapkan modal dan lagi mencari ide bisnis. Nah, Folio akan memberikan rekomendasi jenis usaha yang menjanjikan yang bisa Sobat Folio coba.

Jadi, Bagaimana Ciri-ciri Usaha yang Menjanjikan?

Usaha yang menjanjikan setidaknya memiliki karakteristik berikut:
  • Menjawab kebutuhan & permasalahan masyarakat: usaha yang menjanjikan akan selalu menawarkan solusi atas kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Semakin besar dan mendesak kebutuhan tersebut, kan semakin besar pula peluang bisnis tersebut.
  • Memiliki potensi untuk berinovasi: bisnis yang dapat terus berkembang akan memiliki peluang untuk bertahan di masa depan. Perkembangan ini dapat meliputi dari sisi produk atau layanan atau bahkan dari sisi bisnis dengan membuka cabang.
  • Memiliki keunggulan kompetitif: setiap bisnis harus memiliki keunikan tersendiri yang tidak mudah ditiru oleh kompetitor, seperti merek dagang, hak paten, model bisnis, produk atau layanan yang dapat membantu Anda terkenal di pasaran karena memiliki ciri khas tersendiri.
  • Tahan lama dalam jangka panjang: usaha yang baik yaitu usaha yang bisa berlangsung lama. Meskipun dengan perkembangan zaman, tetapi bisnis yang Anda miliki tetap diminati di kalangan pasaran.
Memprediksikan bisnis yang pasti menjanjikan di masa depan memang menyulitkan, akan ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Maka dari itu, sangat penting untuk Sobat Folio mempelajari tren pasar dan kebutuhan orang-orang saat ini.

Ide Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak bisnis baru yang bermunculan dan Sobat Folio bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk membuka usaha.

Bisnis Online

Di era modern ini, banyak orang yang mengakses informasi melalui internet terutama menggunakan perangkat mobile mereka. Hal ini membuka peluang besar bagi Anda untuk memulai bisnis Online. Misalnya:

Dropshipper

Jika Sobat Folio ingin sekali memiliki bisnis tapi belum punya modal yang cukup. Nah, Sobat Folio bisa mencoba untuk menjalankan bisnis dropshipping. 

Dropshipping adalah bisnis online yang Anda jalankan tanpa harus memiliki stok barang dan tidak perlu repot untuk mengirimkan ke pelanggan. Dengan kata lain, Anda menjual barang miliki toko lain dan segala proses pengiriman dilakukan oleh toko tersebut dan Anda cukup bermodalkan foto dan deskripsi barang dari toko tersebut.

Bisnis dropship ini sangat bergantung ke supplier, jadi Sobat Folio harus berhati-hati dalam memilih agar mendapatkan pemasok yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Sebagai tambahan, meskipun Anda tidak memiliki barangnya secara fisik dan pengiriman diatur oleh pemasok, Sobat Folio tetap harus memperhatikan pelanggan, seperti memberitahu jika stok habis, memberikan konfirmasi jika pesanan pelanggan terlambat dikirim, dan merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Toko Online

Pastinya Sobat Folio sudah tidak asing lagi dengan toko-toko yang ada di e-commerce, situs jejaring sosial, dan aplikasi transportasi online besar, bukan? Nah, Sobat Folio bisa memanfaatkan media tersebut untuk berjualan.

Sobat Folio bisa menjual berbagai macam produk, seperti  pakaian, sepatu, aksesoris makanan berat, makanan ringan, minuman, kue, makanan pedas, dan lainnya dengan memanfaatkan marketplace, media sosial, aplikasi transportasi online yang menyediakan jasa antar makanan online, atau dengan membuat website toko sendiri.

Ada berbagai strategi pemasaran yang bisa Sobat Folio terapkan dalam berjualan secara online. Untuk mengetahui caranya simak artikel ini, yuk: 5 Cara Jitu Agar Toko Online Ramai Pengunjung. Patut Ditiru!

Affiliasi

Afiliasi atau affiliate adalah peluang bisnis yang mudah untuk Sobat Folio jalankan yaitu dengan mempromosikan produk dari toko atau bisnis lain dan kemudian mendapatkan komisi jika barang tersebut dibeli oleh orang lain.

Orang yang tergabung dalam afiliasi disebut afiliator. Seorang afiliator biasanya mempromosikan produk melalui berbagai channel seperti sosial media, blog pribadi, marketplace, dan lainnya dalam bentuk foto yang memiliki deskripsi ataupun  testimoni dalam bentuk video.

Nah, bagi Sobat Folio yang ingin menjalankan usaha ini, cara kerjanya sebagai berikut: 
  • Tanpa membeli produk: Anda bisa membuat konten dengan mengambil foto produk dari salah satu toko dan membuat tautan langsung ke toko yang menjual produk tersebut.
  • Dengan membeli produk: setelah membeli produk Anda bisa memfoto lalu mengupload di channel marketing ataupun membuat testimoni dalam bentuk video yang disertai dengan link.
Besaran komisi yang Sobat Folio akan dapat itu bervariasi dan tergantung dari harga dan persentase produk yang berhasil terjual.

Influencer

Hampir mirip dengan afiliator yang mempromosikan barang dengan cara membuat konten lalu mengupload melalui berbagai channel marketing.

Namun, bedanya influencer mendapatkan komisi sebelum konten promosi itu dibuat dan berdasarkan kerjasama dengan brand, akan tetapi afiliator bekerja secara mandiri tanpa ada ikatan dengan brand selama tidak melanggar ketentuan produk.

Jika Sobat Folio ingin menjadi influencer, maka Sobat Folio harus memiliki pengaruh yang besar di media sosial atau di komunitas online tertentu agar bisa mempengaruhi followers untuk membeli produk dan meningkatkan brand awareness akan brand tersebut.

Bisnis Jasa

Bukan hanya usaha online saja yang banyak peminatnya. Bisnis jasa juga semakin merebak di kalangan masyarakat. Seperti:

Kecantikan

Sobat Folio pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis satu ini, bahkan mungkin sebagai konsumen dari salah satu produk, seperti skin care, parfum, make up, body care, dan hair care.

Nah, untuk memulai bisnis ini, Sobat Folio dapat membuat brand dan memasarkankannya sendiri di mana produknya diambil dari perusahaan maklon.

Jadi, maklon itu adalah jasa pengelolaan produk yang dilakukan oleh pihak lain, yang kemudian produknya dapat diklaim oleh klien dengan adanya perjanjian kerjasama.

Dengan begitu, Sobat Folio harus dapat memilah maklon kecantikan yang teruji, terjamin, dan terpercaya. Baik itu dari sisi sertifikasi kehalalan, lolos BPOM, dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

Lebih lanjut, Anda juga bisa membuka usaha kecantikan lainnya seperti, klinik kecantikan, salon kecantikan, eyelash extension, makeup artist, henna artist, dan lain-lain.

Jasa ekspedisi

Meningkatkan aktivitas belanja online beberapa tahun terakhir, berimbas juga pada peningkatan permintaan layanan pengiriman yang cepat, aman, dan handal. 

Dengan begitu, bisnis ini dapat menjadi peluang usaha. Ada banyak jenis ekspedisi seperti J&T, JNE, SiCepat, Tikii, Lion Parcel, dan lainnya.

Namun, sebelum memilih ekspedisi tersebut, ada baiknya tentukan dahulu jenis layanan yang ditawarkan seperti pengiriman barang besar dengan muatan khusus, layanan pengiriman barang untuk bisnis online atau pengiriman internasional. Perhatikan juga sistem pengiriman yang digunakan, seperti same-day maupun next-day, serta tarif yang dikenakan.

Car Wash

Bisnis cuci mobil adalah bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan dengan untung menggiurkan, terutama dengan bertambahnya jumlah mobil namun banyak pemiliknya tidak memiliki waktu untuk merawatnya. 

Maka dari itu, usaha ini kian menjamur baik di kota-kota besar atau kota kecil. Melansir dari Accurate, terdapat tiga jenis bisnis car wash yaitu “car wash hidrolik, car wash robotic, dan car wash manual.” 

Memang pada kenyataannya untuk membuka usaha car wash tidak semudah yang dibayangkan karena memerlukan pembelian banyak peralatan. Namun, Sobat Folio yang baru ingin memulai bisnis cuci mobil bisa dengan membuka jenis car wash manual dahulu di mana modal yang perlu dipersiapkan tentunya tidak sebesar cuci mobil hidrolik atau robotik.

Jasa Digital Marketing

Bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa melalui platform digital ini kian merebah. Terdapat berbagai layanan digital marketing, seperti SEO, Content Marketing, Copywriting, Editing Video, pembuatan website, Pay-Per-Click Advertising (PPC), dan masih banyak lagi. 

Bagi Sobat Folio yang memiliki kemampuan digital marketing, tidak ada salahnya untuk mencoba menjalankan bisnis tersebut. Sobat Folio bisa mulai menjadi freelance yang tidak butuh modal sama sekali. 

Bisnis Franchise

Bisnis franchise mulai banyak dilirik oleh pengusaha karena menawarkan berbagai macam keuntungan yang menjanjikan. Bagaimana tidak menguntungkan? Ketika Sobat Folio membeli usaha ini, maka Sobat Folio tidak perlu pusing agar brand dikenal oleh khalayak ramai, mendapatkan dukungan penuh dari pemilik franchise, serta operasional bisnis yang sudah terjamin.

Ada banyak jenis franchise yang dapat Sobat Folio pilih, meliputi Burger King, KFC, Janji Jiwa, Kopi Lain Hati, Alfamart, Indomaret, sampai dengan bisnis franchise untuk kesehatan dan kecantikan.

Namun, untuk membuka usaha franchise, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, lanjut baca di sini, yuk: Begini Syarat Untuk Membuka Usaha Franchise yang Harus Dipenuhi.

Bisnis kuliner

Bisnis satu ini memang tidak ada matinya, setiap tahunnya pasti ada saja bisnis kuliner baru yang muncul. 

Ada banyak bisnis kuliner yang bisa diolah oleh Sobat Folio, seperti bisnis makanan rumahan, bisnis roti, bisnis kue, bisnis frozen food, bisnis makanan kekinian, dan bisnis minuman kekinian.

Jika Sobat Folio ingin membuka bisnis makanan dengan modal kecil namun menguntungkan, bisa mencoba membuka usaha makanan kekinian. Baca selengkapnya di sini, yuk: 10 Ide Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil. Laris Manis!

Toko sembako

Jenis usaha dagang menjanjikan yang pasti selalu dibutuhkan oleh setiap orang dan menjadi kebutuhan sehari-hari yakni warung sembako. 

Dengan strategi pemasaran yang tidak terlalu rumit, target konsumen yang beragam, dan modal usaha yang fleksibel menjadikan usaha ini cukup menarik untuk dijalankan walaupun dengan persaingan yang ketat.

Nah, itulah beberapa bisnis yang menjanjikan di masa depan yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan keuntungan. Sebelum memulai bisnis Anda perlu memperhatikan modal, target market, kompetitor, hingga strategi marketing yang ingin diterapkan. Yuk, cari tahu bagaimana cara memulai bisnis di sini: 7 Cara Memulai Usaha dari Nol Untuk Pemula Beserta Contohnya.
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office