7+ Cara Memulai Usaha dari Nol Untuk Pemula Beserta Contohnya

28 Juni 2024
Cara Memulai Usaha dari Nol Untuk Pemula
Ingin memulai bisnis? Namun, bingung mau mulai dari mana? 

Membuat bisnis baru dari nol tentunya sering kali menjadi tantangan besar bagi para perintis. Umumnya, kendala yang dihadapi adalah kurangnya modal, minimnya pengetahuan tentang bisnis, dan ketidakpastian akan pasar. 

Namun, dengan persiapan dan strategi yang tepat, kendala-kendala tersebut dapat diatasi. Yuk, Sobat Folio cari tahu bagaimana cara awal memulai usaha baru di sini:

Cara Memulai Usaha dari Nol

Membuat usaha baru pastinya membutuhkan keberanian, komitmen, dan rencana yang matang. Berikut langkah-langkahnya:

Tentukan dahulu ide bisnis yang ingin dijalankan

Tidak ada usaha yang dapat berjalan tanpa adanya produk atau jasa. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu produk atau jasa yang ingin dijual dengan cara berikut:
  • Pertama, Anda dapat memulai dengan mengidentifikasi masalah yang dihadapi banyak orang dan mencari solusi yang bisa Anda tawarkan, misalnya apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar saat ini, ide usaha yang kompetitornya sedikit, atau usaha yang lagi tren. Saat ini banyak bermunculan bisnis kekinian yang sering dijumpai bahkan mungkin sering dibeli. Yuk, Sobat Folio ambil peluang ini untuk membuka bisnis baru dan temukan contoh ide bisnis kuliner kekinian dengan modal kecil yang menjanjikan, di sini: 10 Ide Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil. Laris Manis!
  • Kedua, Anda bisa menjual ide produk atau jasa yang sesuai dengan minat, skill, dan passion Anda. Tentunya, produk atau jasa yang dijual unik dan bermanfaat bagi orang banyak.

Membuat rencana bisnis dengan matang

Setelah menentukan produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah membuat rencana bisnis mulai dari visi, misi, target pasar, riset competitor secara mendalam, strategi pemasaran, dan rencana laporan keuangan. 
  • Memiliki visi dan misi akan memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi perusahaan, membentuk identitas usaha, panduan untuk mengambil keputusan, dan agar tetap konsisten pada tujuan utama.
  • Tentukan target pasar yang akan Anda tuju untuk menjual produk atau jasa Anda.Target pasar ini akan membantu merancang strategi pemasaran yang efektif sesuai dengan karakteristik konsumen tertentu, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, hobi, kelas sosial ekonomi, pendapatan, pendidikan. dan lain-lain
  • Kemudian, gunakan metode SWOT untuk menganalisis kompetitor. Catat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mereka hadapi. 
  • Buatlah strategi pemasaran seperti strategi harga, promo dan diskon, penggunaan media sosial, ads, atau endorsement. Setiap strategi memiliki metode yang berbeda tetapi semuanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
  • Setelah menyelesaikan proses di atas, buatlah proyeksi keuangan jangka pendek atau jangka panjang. Gunakan tiga laporan keuangan ini sebagai dasar: laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. 
Rencana yang matang ini akan membantu Anda dalam menarik investor, melakukan pinjaman, dan memberikan penilaian apakah usaha Anda sudah layak dimulai atau belum.

Membuat Merek Usaha

Merek usaha adalah identitas bisnis Sobat Folio. Gunakah lah nama yang unik dan mudah diingat serta buat logo yang mencerminkan nilai, visi, dan misi usaha Anda.

Merek dengan brand yang kuat akan membedakan bisnis Anda dari pesaing. Pastikan juga untuk mendaftarkan merek Anda secara resmi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) untuk membuat perlindungan atas Hak Kekayaan Intelektual merek Anda.

Lakukan pengujian ide bisnis

Sebelum bisnis Anda di launching secara publik, penting untuk menguji ide bisnis. Ini bertujuan untuk menilai relevansi produk atau jasa dengan pasar. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar potensi keberhasilan serta kegagalan bisnis serta menyesuaikan strategi sebelum produk diluncurkan. 

Anda bisa melakukan survei, wawancara, atau uji coba produk untuk mendapatkan umpan balik dari calon pelanggan. Terdapat salah satu metode untuk melakukan uji coba yaitu Minimum Viable Product (MVP). Metode ini bisa digunakan untuk mengetahui produk minimal Anda dapat menyelesaikan permasalahan masyarakat di pasaran.

Dengan adanya pengujian ide bisnis di awal akan membuat bisnis Anda lebih kuat dan kokoh.

Pikirkan badan usaha

Pilihlah badan usaha sesuai dengan preferensi Anda, seperti CV, UMKM, PT, Koperasi, atau perusahaan perorangan (PO). Pastikan untuk mendapatkan Surat Izin Usaha (SIUP) agar bisnis Anda diakui secara sah dan legal oleh pemerintah.

Sementara itu, pilihan jenis badan usaha juga akan mempengaruhi kewajiban pajak dari bisnis Anda. Konsultasikan dengan ahli hukum atau akuntan untuk menentukan badan usaha yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mulai kegiatan memproduksi

Setelah langkah-langkah di atas sudah dijalankan dengan baik, langkah berikutnya adalah mulai memproduksi dan memasarkan produk atau jasa dengan strategi yang telah ditetapkan.

Pastikan Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk memproduksi produk atau menyediakan layanan yang ditawarkan. Sementara itu, Anda juga perlu memastikan bahwa kualitas produk dan jasa Anda baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Lakukan evaluasi dan kembangkan produk

Setiap kesalahan dan kegagalan di tahap awal usaha adalah hal yang wajar dan dapat menjadi pelajaran berharga untuk menjadikan Anda wirausahawan yang hebat. Tinjau kembali strategi bisnis dan lihat apakah ada area yang perlu ditingkatkan atau diubah.

Dengarkan saran dan kritikan yang membangun dari pelanggan dan gunakan informasi tersebut untuk mengembangakn produk atau layanan Anda. Inovasi dan adaptasi adalah kunci untuk tetap eksis di pasar.

Siapkan modal

Salah satu bagian penting dalam memulai usaha yaitu modal. Banyak orang-orang yang ingin berbisnis namun terkendala masalah keuangan.

Memang, membuat usaha pastinya membutuhkan modal yang besar, tetapi Anda bisa memulainya dari usaha kecil-kecilan di rumah dengan modal yang kecil dan memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa Anda.

Namun, jika Anda ingin membuka usaha yang besar, Anda bisa mendapatkan modal dari tabungan pribadi, pinjaman bank, atau investasi dari pihak lain.

Hitung dengan cermat berapa biaya yang dibutuhkan untuk memulai dan menjaga kestabilan usaha sampai menghasilkan keuntungan.

Contoh Ide Usaha yang Bisa Dicoba

Berikut adalah beberapa contoh ide bisnis yang dapat menginspirasi Anda untuk memulai usaha:
  • Bisnis kuliner: makanan kekinian, minuman kekinian, frozen food, cemilan sehat, food truck jajanan tradisional. Frozen food menjadi salah satu makanan yang masih menjadi favorit masyarakat karena lebih praktis dan tahan lama. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikannya usaha. Pelajari aneka frozen food yang cocok untuk usaha di sini: 10 Macam-macam Frozen Food yang Bisa Menjadi Inspirasi Usaha, Favorit!
  • Jasa: les privat, salon, barbershop, menjahit, editing video atau foto, penulis, content marketing, laundry, bengkel, cuci mobil, daycare, service hp, nail art, jasa dekor, jasa makeup, dan lain-lain
  • Lain-lain: usaha bouquet, jual pulsa & paket data, catering, toko aksesoris, toko parfum, dan lain-lain

Memulai Usaha dari Nol Namun Tanpa Modal, Apakah Bisa?

Iya, tentu bisa. Memulai bisnis tanpa modal bukanlah hal yang mustahil, Anda tidak perlu merogoh tabungan atau sampai meminjam uang di bank.

Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan kreativitas dan sumber daya yang ada. Saat ini banyak ide usaha yang bisa dijalankan tanpa adanya modal awal. Berikut contohnya:
  • Reseller atau dropshipper: menghubungkan konsumen dengan pihak penjual tanpa harus memiliki stok produk tersebut. 
  • Freelance: pekerjaan lepas tanpa ada ikatan dengan perusahaan. Anda bisa menjadi freelance copywriter, penulis artikel atau content writer, admin sosial media, virtual assistant, desain grafis, dan lain-lain.
  • Penerjemah (Translator): menerjemahkan dokumen, website, video ke dalam bahasa yang diminta.
  • Tutor Online: pengajar memberikan instruksi dan bimbingan belajar secara online. Dapat memberikan pelajaran sekolah umum, sampai keterampilan khusus seperti coding, desain grafis, copywriting, dan lain-lain.
  • Blogger: orang yang memiliki, mengelola, dan membuat blog. Berisi halaman pribadi yang berisi berbagai konten artikel, gambar, dan video.
Lalu, bagaimana cara memulai usaha tanpa modal? 
Langkah-langkah hampir sama dengan memulai usaha dari nol, seperti:
  • Menentukan ide bisnis: tentukan produk atau jasa yang dijual dengan mengamati kebutuhan atau tren yang dibutuhkan di pasar atau melihat pesaing.
  • Memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang ada: tawarkan jasa seperti desain grafis, penerjemah, penulis, sosial media manager. Menjual barang-barang preloved, atau menjadi pengajar online.
  • Memanfaatkan platform online: promosikan bisnis Anda di media sosial, membangun brand melalui website, atau mencari pekerjaan freelance di Upwork, Fiverr, Sribu, atau Freelancer Indonesia.
  • Mulai dari yang kecil: mulailah bisnis Anda dari hal kecil dan kembangkan secara bertahap. Jangan terburu-buru untuk menjadi besar.
Penting untuk Anda tahu bagaimana langkah memulai usaha agar mengurangi risiko kegagalan, membangun fondasi yang kuat, memahami pasar dan pelanggan, serta mengembangkan strategi pemasaran. Pelajari contoh strategi pemasaran yang efektif di sini: Cari Tahu Contoh Strategi Pemasaran yang Cocok Untuk Bisnis Sobat Folio
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office