7 Cara Mengatur Keuangan Usaha dengan Bijak

16 Juli 2024
Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Uang adalah sesuatu hal yang penting bagi bisnis! Setuju?

Agar bisnis dapat berjalan dengan baik maka harus dibarengi dengan mengelola keuangan dengan baik pula.

Namun, bagaimana cara mengatur keuangan dalam usaha dengan tepat? Yuk, cari tahu caranya berikut ini!

Kenapa Mengatur Keuangan Penting bagi Bisnis?

Perusahaan yang mengatur keuangannya dengan baik justru bisa menjalankan rencana bisnisnya secara optimal.

Maka dari itu, biasanya setiap perusahaan mempunyai divisi finance atau accounting sendiri.

Nah, divisi ini bertugas untuk mengelola, menyimpan, mengendalikan, dan merencanakan keuangan dan aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Mengutip laman Commerce Commercial Credit, sistem manajemen keuangan yang baik akan membantu dalam mencatat, mengidentifikasi masalah, dan mengukur keberhasilan bisnis.

Apalagi, dengan kondisi keuangan yang sehat akan membantu perusahaan untuk memutar kembali modal, meningkatkan keuntungan, menjaga arus kas, membayar utang, membayar gaji karyawan tanpa telat, dan dapat mengembangkan usaha lebih besar.

Hal ini diperkuat lagi oleh Medium, yang mengatakan bahwa pengelolaan keuangan yang efektif menjadi landasan kesuksesan bagi bisnis. 

Bagaimana tidak, bisnis yang dapat mengelola keuangan secara bijak dapat melewati masa-masa kritis, memanfaatkan peluang dengan baik, dan merencanakan masa depan dengan cerah.

Jadi, Sobat Folio yang mau memulai bisnis atau yang sedang mengelola bisnisnya untuk dapat mengatur manajemen keuangannya dengan baik agar tidak mengalami kerugiaan. Cari tahu cara agar bisnis Sobat Folio tidak rugi, di sini: 5 Tips Agar Bisnis Kamu Tidak Rugi.

Cara Mengatur Keuangan dalam Usaha

Memanage keuangan usaha membutuhkan beberapa cara penting yang harus Sobat Folio lakukan, agar memastikan keuangan bisnis tetap sehat dan terkontrol.

Membuat rencana anggaran keuangan

Susunlah anggaran keuangan dengan jelas, baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. Dengan anggaran membantu Sobat Folio untuk mengalokasikan dana dengan bijak untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Misalnya, Sobat Folio menyusun anggaran untuk satu bulan ke depan guna memenuhi operasional bisnis sehari-hari. Untuk itu, usahakan dana yang dikeluarkan untuk setiap jenis transaksi sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

Selain itu, anggaran juga membantu Sobat Folio untuk memperkirakan besarnya pendapatan, seperti berapa banyak penjualan yang harus dicapai agar pemasukan atau dana yang diterima bisa masuk lebih banyak.

Memisahkan uang pribadi dan bisnis

Dalam berbisnis jangan pernah untuk menyatukan antara keuangan pribadi dan bisnis. 

Sebab, dapat menyulitkan Sobat Folio dalam melacak arus kas secara akurat dan pastinya menimbulkan rasa bingung akibat dari percampuran kedua keuangan tersebut.

Ditambah lagi, akan menghalangi Sobat Folio dalam mengelola pajak serta memastikan apakah dana tersebut cukup atau tidak untuk operasional bisnis selanjutnya.

Lalu, bagaimana solusinya? Dengan kondisi itu, Sobat Folio harus memiliki rekening yang berbeda antara rekening tabungan pribadi (atas nama sendiri) dan rekening untuk bisnis.

Mengelola arus kas dengan efektif

Perihal lain yang penting dalam mengatur keuangan bisnis yaitu dengan mengelola arus kas, baik mencatat arus masuk dan keluar.

Catat sedetail mungkin setiap pengeluaran meskipun itu 10rb, siapa penanggung jawabnya, dan barang apa yang biaya pengeluarannya membutuhkan dana 10rb.

Selain pemasukan, Sobat Folio juga perlu mendokumentasikan kas pemasukan, misalnya ada suntikan dana dari pihak lain, penjualan atas suatu produk atau aset, atau pendapatan pinjaman.

Kedua kas ini bisa Anda susun dalam laporan arus kas, untuk mengetahui seberapa baik arus kas yang Anda punya.

Di sisi lain, menyusun arus kas juga dapat mengidentifikasi potensi masalah keuangan sebelum menjadi serius.

Mengatur piutang dan utang usaha

Sebagai pemilik usaha yang bisnisnya memiliki utang, maka bayarlah utang tersebut dengan tepat waktu. Apalagi, jika bisnis Anda sudah stabil dan tidak ada kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi.

Hal ini bertujuan, agar bisnis dapat menunjukkan kesehatan keuangan yang baik, dan bisnis dapat fokus pada pertumbuhan jangka panjang.

Tidak hanya itu, Sobat Folio sebagai pemilik bisnis juga harus memastikan bahwa pelanggan membayar piutang dengan tepat waktu untuk menghindari penundaan pembayaran yang dapat merusak arus kas.

Membuat laporan keuangan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, seperti laporan arus kas, ada juga laporan laba rugi, dan neraca keuangan sangat penting bagi bisnis, karena akan memberikan keseluruhan gambaran tentang kesehatan keuangan bisnis.

Laporan ini bisa Sobat Folio buat per hari, per minggu, per bulan, atau per tahun.

Dengan begitu, sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memahami kinerja bisnis dan dapat membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang dibuat. 

Mengelola pajak dengan baik

Pajak adalah sesuatu yang terlihat sepele namun sukar untuk dilakukan. Mungkin, karena terlalu sibuknya Anda sampai lupa untuk membayar pajak.

Jika sudah begitu, justru Sobat Folio akan mendapatkan masalah yang lebih besar yaitu harus membayar pajak plus dengan dendanya.

Padahal, banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita patuh dalam membayar pajak, seperti meningkatkan kepercayaan investor dan pelanggan, dan mempermudah Anda untuk mengajukan pinjaman.

Mengalokasikan dana darurat

Akan lebih penting, jika Sobat Folio menyediakan dana darurat dalam menjalankan bisnis guna menghadapi situasi yang tak terduga yang dapat mempengaruhi keuangan bisnis.

Dana darurat membantu bisnis tetap bertahan saat menghadapi tantangan seperti penurunan penjualan, kerusakan aset, atau situasi darurat lainnya.

Yang pasti, dana ini dapat Sobat Folio gunakan dalam keadaan genting.

Manfaat Mengatur Keuangan Usaha dengan Baik

Pengelolaan keuangan yang baik tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis, termasuk untuk memastikan keberlangsungan hidup dan pertumbuhan usaha.

Berikut ini keuntungan yang Sobat Folio dapatkan jika mengatur keuangan dengan baik:
  • Dapat melancarkan operasional usaha
  • Mengidentifikasi area operasional usaha yang boros
  • Mempermudah pengambilan keputusan bagi Sobat Folio
  • Membuat pikiran Sobat Folio menjadi tenang
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan memberikan gaji tepat waktu bahkan mungkin bisa memberikan bonus.
  • Bisnis dapat meningkatkan keuntungan, sehingga dapat berinvestasi kembali, merambah ke bisnis lain, mengembangan bisnis dengan membuka cabang baru.
  • Meningkatkan kepercayaan investor dan pemberi pinjaman.

Strategi Mengelola Keuangan Bisnis

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa strategi yang dapat membantu Sobat Folio dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik.

  • Bekerja sama dengan Akuntan atau Konsultan Keuangan: meminta bantuan kepada profesional dapat membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan, mengelola pajak, dan memberikan insight tentang keuangan. 
  • Mengikuti pelatihan terkait literasi keuangan: pelatihan terkait literasi keuangan dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola keuangan. Umumnya, topik yang dibicarakan seputar pengelolaan arus kas, merencanakan anggaran, dan analisis keuangan.
  • Menggunakan Software Akuntansi untuk membantu pencatatan keuangan: Jika Sobat Folio mau cara yang praktis bisa menggunakan software akuntansi yang memungkinkan Anda untuk melacak uang masuk dan keluar secara real-time, menerima laporan keuangan secara otomatis, dan memantau keuangan bisnis.
Nah, itulah beberapa cara untuk mengatur keuangan bisnis Sobat Folio. Dengan langkah-langkah yang tepat seperti membuat rencana anggaran, memisahkan dana pribadi dan bisnis, hingga menyisihkan dana darurat. 

Selain itu, untuk lebih meningkatkan efisiensi dalam manajemen keuangan, Sobat Folio bisa menggunakan jasa akuntan, mengikuti training, hingga dengan menggunakan software khusus yang mengelola akuntansi.

Selain menggunakan software akuntansi untuk manajemen keuangan bisnis Sobat Folio. Anda bisa menggunakan yaitu aplikasi kasir yang bisa mencatat transaksi penjualan, manajemen kas, manajemen stok, dan pengelolaan pelanggan. Yuk, cari tahu apa itu program kasir di sini: Apa yang Dimaksud dengan Software Kasir Online?
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office