Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Mempermudah Usaha

28 Juni 2024
Rekomendasi aplikas kasir untuk usaha

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, teknologi memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Salah satu teknologi yang bermanfaat bagi pemilik bisnis adalah aplikasi kasir.

Penggunaan software kasir dapat memberikan berbagai keuntungan signifikan, mulai dari kemudahan dalam pengelolaan transaksi hingga meningkatkan keamanan keuangan bisnis Sobat Folio.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar keuntungan aplikasi kasir untuk bisnis Sobat Folio, yuk simak di sini.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Usaha?

Aplikasi kasir modern tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mencatat transaksi jual beli, tetapi juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang sangat berguna, seperti fitur manajemen stok, karyawan, produk, dan laporan. Berikut ini beberapa alasannya:

Mengelola Bisnis Lebih Mudah

Dengan program kasir, pengelolaan usaha menjadi lebih mudah dan teratur. Anda tidak perlu mencatat transaksi, menulis stok, dan membuat laporan secara manual. Semua informasi dapat diakses dalam satu aplikasi yang terintegrasi dengan sistem akuntansi, manajemen inventori, manajemen pelanggan, manajemen karyawan, dan lain-lain.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola stok secara otomatis, mendapatkan laporan keuangan yang up-to-date, menetapkan harga jual produk, mencetak bukti pembayaran, memesan produk ke supplier, dan masih banyak lagi.

Pengelolaan bisnis yang mudah ini dapat mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan kinerja operasional.

Mengurangi Kecurangan Pegawai

Tidak dipungkiri, salah satu kekhawatiran terbesar bagi pemilik bisnis yang memiliki pegawai adalah kecurangan yang dilakukan oleh stafnya. Aplikasi kasir dapat membantu mengurangi risiko dengan memberikan pengawasan yang baik.

Dimana setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat secara detail, begitu pula produk yang dihapus oleh pegawai akan terlihat di riwayat penjualan, sehingga Anda dapat memantau aktivitas karyawan dengan lebih mudah.

Selain itu, umumnya program POS kasir juga dilengkapi dengan fitur manajemen akses, sehingga hanya user tertentu yang dapat mengakses informasi yang bersifat sensitif.

Dapat diakses di mana saja dan kapan saja

Kemampuan software kasir yang dapat diakses secara online, sehingga memungkinkan Anda untuk memantau bisnis dari mana pun dan kapan pun. Baik ketika Anda sedang berada di kantor, di rumah, atau bahkan saat sedang bepergian, Anda tetap bisa mendapatkan informasi real-time mengenai penjualan dan performa bisnis secara keseluruhan.

Sebagai tambahan, aplikasi kasir berbasis cloud juga dapat menyimpan data dengan aman. Data bisnis Anda disimpan di server cloud, sehingga mengurangi risiko kehilangan data akibat kerusakan perangkat atau bencana alam.

Jenis Usaha untuk Aplikasi Kasir

Berbagai jenis usaha dapat memanfaatkan aplikasi kasir untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, di antaranya:

Toko Pakaian

Toko pakaian dapat memanfaatkan aplikasi kasir untuk mengelola transaksi bisnis. Aplikasi ini memungkinkan para pemilik toko pakaian untuk menampung produk lebih banyak, mencatat, membayar, dan menerima barang dari supplier.

Tidak hanya itu saja, Sobat Folio, menggunakan program kasir juga bisa membantu Anda untuk membuat label harga dan label rak, menjual barang dengan harga grosir dengan satuan bertingkat. Cari tahu lebih lanjut tentang toko grosir di sini, yuk: Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Mengelola Usaha Toko Baju.

Selain toko baju, jenis ritel lainnya seperti toko grosir, toko parfum, vape, konter hp & aksesoris, dan apotek juga bisa memanfaatkan program POS.

Minimarket

Minimarket, yang sering memiliki volume transaksi yang tinggi, sangat membutuhkan program kasir untuk mempercepat proses pembayaran pelanggan dan mengelola stok barang di gudang. 

Aplikasi POS membantu usaha minimarket dalam mengelola SKU produk yang besar, memantau pergerakan stok, mengelola promosi, dan memberikan pelayanan yang lebih cepat sehingga mengurangi antrian pelanggan.

Ayo, Sobat Folio pantau kinerja karyawan Anda dengan mudah di sini: Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Usaha Minimarket.

Restoran

Restoran dan bisnis FnB lainnya sangat diuntungkan dengan adanya software kasir yang dapat mengelola pesanan, pembayaran, booking tempat, dan inventaris bahan baku. 

Aplikasi kasir memungkinkan pelayan untuk mencatat pesanan langsung ke sistem tanpa harus mencatat manual, menambahkan harga sesuai dengan topping yang dipilih, serta memberikan diskon dan promo agar menambah loyalitas pelanggan. 

Yuk, Sobat Folio kurangi kesalahan dalam pencatatan pesanan pelanggan di sini: Aplikasi Kasir Terbaik Untuk Bisnis Restoran.

Salon & SPA

Bisnis jasa atau layanan seperti salon juga membutuhkan aplikasi kasir untuk mencatat komisi pegawai. Aplikasi kasir memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau pendapatan, waktu teramai, mencatat data pelanggan, dan memantau kinerja pegawai.untuk memberikan rewards kepada mereka.

Ayo, Sobat Folio tingkatkan efisiensi operasional Anda dan berikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan di sini: Aplikasi Kasir Terbaik untuk Usaha Salon & SPA.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik untuk Segala Usaha

Saat ini, sudah banyak aplikasi kasir yang tersedia di pasaran, baik yang dapat diakses melalui smartphone atau PC. Meskipun begitu, pilihlah program yang memiliki fungsi dan fitur yang sesuai dengan usaha Anda serta mudah digunakan. Berikut rekomendasi aplikasi kasir yang dapat Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda.

Program iPos

Program Toko IPOS adalah software kasir yang dirancang khusus untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang dapat diakses di PC atau laptop, dan mobile.

Memiliki berbagai jenis seperti IPOS 4, IPOS 5, IPOS Web Based, Perangkat Kasir, dan lain-lain yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti manajemen stok, membuat laporan penjualan dan pembelian otomatis, dan laporan keuangan. 

Lebih dari itu, Anda bisa mencoba versi gratis dari software yang mereka punya seperti Program IPOS 4.0, IPOS 5.0, IPOS Web, dan lain sebagainya.

Olsera

Aplikasi penjualan mencakup POS yang bisa diakses di Android dan iOS, serta menyediakan layanan untuk membuat toko online. 

Olsera juga menawarkan berbagai jenis solusi bisnis dan fitur yang disesuaikan dengan pengguna usaha. Dengan harga yang terjangkau Anda sudah bisa mengontrol usaha Anda di mana pun dan kapan pun.

Menggunakan manajemen penyimpanan berbasis cloud di kedua platform, baik POS dan toko online sehingga memudahkan Anda untuk mengakses dan mengamankan data. Selain itu, Anda dapat berbagi data inventaris, penjualan, laporan, dan hasil analisa. Buat Anda yang mau menggunakannya bisa mencoba secara gratis selama 14 hari.

Moka

Perusahaan yang secara resmi diakuisisi oleh Gojek pada April 2020, menyediakan tipe bisnis utama, yaitu makanan & minuman, ritel, dan layanan.

Moka memiliki fitur unggulan seperti mengelola pesanan dengan cepat, mencatat pesanan online to offline, terintegrasi dengan sistem lainnya.

Sama halnya dengan Olsera, Moka POS juga menggunakan cloud sebagai media penyimpanannya dan dapat di akses di multiplatform. Dengan demikian, Anda dapat mengelola, melancarkan operasional bisnis dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi Moka POS, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp.299.000/bulan. Tersedia pula paket Pro dan Enterprise dengan fitur yang lebih lengkap.

Majoo

Majoo adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengelolaan bisnis untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mempunyai fitur-fitur unggulan seperti aplikasi POS, pengelolaan stok, manajemen pelanggan, akuntansi, pelaporan, dan pemesanan online.

Untuk lebih memudahkan para pelaku bisnis UMKM, Majoo menyediakan aplikasi kasir yang bisa diakses di berbagai device, seperti smartphone, tablet, hingga PC. Selain itu, mereka juga menyediakan layanan meliputi Majoo Pay, Majoo Capital, Majoo Supplies, Majoo Care, dan Majoo Ads. Harga yang dibanderol untuk program kasih Majoo di mulai dari Rp.249.000 sampai dengan Rp.999.000.

Folio POS

Folio POS adalah aplikasi kasir yang dirancang untuk memudahkan para pemilik bisnis untuk mengelola usahanya, seperti toko ritel, minimarket, toko pakaian, counter hp & aksesoris, restoran, salon, dan SPA.

Anda bisa menggunakan Folio dengan berbagai perangkat, seperti PC, tablet,dan mobile. Anda bisa mendownload aplikasi Folio POS di Play Store yaitu Aplikasi Kasir Online - Folio

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan yang terintegrasi dengan sistem lainnya, seperti:

Manajemen stok, yang meliputi: stok opname, inventori produk hingga 20rb SKU, varian dan modifier, pemesanan produk, transfer stok antar toko atau gudang, manajemen bahan baku, mencatat supplier, membuat barcode dan label, mengatur harga grosir.

Laporan lengkap, seperti: laporan penjualan, laporan produk, laporan stok, laporan komisi pegawai, laporan metode pengiriman, dan absensi.

Yuk, Sobat Folio cari tahu lebih lanjut tentang apa saja jenis laporan penjualan yang disediakan oleh Folio di sini: 9 Jenis Laporan Penjualan Folipos yang Bakal Mempermudah Usaha Anda.

Manajemen pelanggan: memberikan diskon dan promo, point rewards, catat piutang, dan riwayat pembelian pelanggan.

Lain-lain: hak akses pengguna, multi toko, membuat bundling produk, berbagai metode pembayaran (tunai, e-wallet, debit, dan kredit), dan lain-lain.

Simak penjelasan lebih dalam tentang fitur-fitur ini di sini: 4 Fitur Unggulan di Folio.

POS Folio mendukung berbagai bisnis, seperti toko ritel dan minimarket, dengan fitur untuk mengatur harga grosir, mengkonversi satuan (karton > pak > pcs), mencetak barcode dan label rak. Untuk konter HP dan aksesoris, Folio membantu mengelola stok berdasarkan nomor seri.

Selain itu, untuk bisnis makanan dan minuman seperti restoran dan coffee shop, Folio mendukung pengelolaan pesanan pelanggan, pemberian poin dan rewards, pengelolaan promo dan diskon, serta pengelolaan stok bahan baku.

Adapun untuk bisnis jasa dan layanan seperti salon, barbershop, dan cuci mobil, Anda dapat menggunakan fitur seperti manajemen komisi pegawai, melihat riwayat transaksi, dan mengelola data pelanggan.

Folio juga dapat beroperasi secara offline, memudahkan Anda ketika koneksi internet di toko tiba-tiba terputus. Folio menggunakan cloud untuk menyimpan data toko Anda dengan aman.

Folio selalu mengutamakan kepentingan pengguna, sehingga sistem kami didesain agar mudah digunakan. Selain itu, kami siap merespons dengan cepat untuk membantu Anda.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Resique, alasan mereka memilih Folio sebagai sistem Point of Sale karena fitur-fitur sangat mendukung dan dukungan yang baik dari tim Folio

“Untuk basic ritel sudah sangat mendukung dan supportnya sudah sangat luar biasa dari teman-teman semua. Untuk ritel seperti minimarket, laundry seperti kami secara basic operasi, sistemnya sudah sangat support dan semoga selalu ada pengembangan untuk fitur-fitur selanjutnya”.

Untuk harga berlangganan aplikasi kasir Folio, Anda cukup membayar sebesar Rp. 149rb/bulan untuk paket standard dan Rp.199rb /bulan untuk paket profesional. Anda bisa lebih berhemat lagi dengan berlangganan paket standard selama setahun hanya dengan Rp.1.180.000, sehingga Anda menghemat 34%. Harga untuk paket profesional yaitu Rp.1.660.000, dengan penghematan sebesar 38%.

Tertarik menggunakan aplikasi kasir Folio POS, daftarkan segera usaha Anda dan coba versi gratisnya disini ya: Daftar di Sini.
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office