Cara Mengembangakan Usaha Agar Makin Jaya

23 Juli 2024
Cara Mengembangkan Usaha
Dalam menjalankan bisnis pastinya Sobat Folio tidak ingin usahanya hanya berjalan di tempat, bukan?

Atau di perparah dengan keadaan hilangnya pelanggan, penurunan pendapatan, dan berakhir kebangkrutan.

Demi menghindari hal ini, ada berbagai cara yang dapat Sobat Folio lakukan seperti mengevaluasi perkembangan bisnis, menganalisis kompetitor, meningkatkan kualitas produk, dan lainnya. Lebih lanjut simak artikel ini, yuk:

Apa Saja Manfaat dalam Mengembangkan Bisnis

Mengembangkan usaha bukan hanya tentang peningkatan pendapatan semata, tetapi juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya, seperi:

Peningkatan pangsa pasar: Dengan mengembangkan usaha, Anda akan lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan

Membuat produk baru: Adanya pengembangan usaha memungkinkan Anda untuk menciptakan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pasar

Meningkatkan reputasi bisnis: Bisnis yang berkembang akan menujukkan bahwa usaha Sobat Folio mampu beradaptasi dengan perubahan, seperti misalnya berkembangnya teknologi.

Menurut laman dari American Express, pertumbuhan usaha bertindak sebagai benang merah yang membantu bisnis untuk memperluas dan meningkatkan penjualan, menawarkan produk baru, membangun hubungan dengan calon mitra dan pelanggan. 

Oleh karena itu, mengembangkan usaha dalam kewirausahaan sangatlah penting!

Cara Mengembangkan Usaha Agar Dapat Bertumbuh Hingga Sukses

Mengembangkan usaha sampai sukses adalah impian setiap pemilk bisnis. Dalam mencapai hasil ini, tentunya memerlukan strategi yang tepat, dan perencanaan yang matang. Berikut ini beberapa strategi untuk mencapai tujuan tersebut:

Memperhatikan perkembangan bisnis

Baik bisnis baru atau pun yang sudah berjalan atau bisnis yang kecil hingga besar sangat penting untuk melihat pertumbuhan usahanya.

Tidak hanya per bulan saja, Sobat Folio juga dapat melihat perkembangan bisnis setiap hari. 

Sobat Folio bisa menggunakan KPI (Indikator Kinerja Utama) untuk mengukur pencapaian bisnis dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Seperti misalnya, bisnis coffee shop yang target penjualan perhari sebanyak 100 cup.

Melakukan analisis pesaing

Walaupun saat memulai bisnis Sobat Folio sudah menganalisis kompetitor, sayangnya itu saja tidak cukup dilakukan sekali. Sebab, mereka tentunya sudah mengalami perkembangan dari sebelumnya.

Untuk itu, Sobat Folio perlu kembali untuk melakukan riset apa saja strategi pemasaran terbaru yang mereka terapkan, keunggulan dan kelemahan mereka atau adakah produk atau layanan terbaru yang mereka launching.

Analisis kompetitor ini akan membantu Sobat Folio untuk mengembangkan strategi baru yang lebih baik agar dapat bersaing.

Mengembangkan Jaringan dan Kemitraan

Sobat Folio bisa memperluas jaringan bisnis dengan mengembangkan penjualan dari yang awalnya hanya offline, kini menjadi online.

Berjualan secara online tidak hanya menjangkau pelanggan lebih banyak, namun Sobat Folio bisa menghemat biaya operasional, misalnya sewa tempat.

Nah, memperbesar bisnis tentunya akan berdampak pada peningkatan jumlah produksi dan juga akan berimbas pada bahan baku.

Oleh karena itu, Anda juga perlu menjadi hubungan kemitraan dengan pihak lain, seperti supplier, distributor agar mendapatkan bahan baku dengan aman.

Seperti misalnya, Perusahaan Nestle Indonesia yang menjalin kemitraan lebih dari 40 tahun dengan para peternak sapi perah lokal sebagai pemasok bahan baku.

Meningkatkan kualitas produk

Kualitas produk yang baik adalah faktor penting untuk mempertahankan dan menarik pelanggan. 

Sobat folio bisa memulai dengan melakukan pengecekan terhadap bahan baku, bagaimana proses produksi awal, sampai menjadi produk siap digunakan.

Jika dirasa masih ada yang kurang dari kualitas bahan baku, atau alat-alat produksi yang sudah tidak layak digunakan, maka hal ini bisa menjadi catatan untuk Sobat Folio perbaiki.

Atau Sobat Folio ingin mengembangkan produk dengan menambahkan varian rasa baru dan kemasan yang berbeda. 

Terus berinovasi dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan akan membantu bisnis Anda tetap exist di dunia bisnis yang kompetitif ini.

Meningkatkan penggunaan saluran pemasaran

Di era digital ini, kian menjamur bisnis yang sudah memiliki berbagai saluran pemasaran seperti website, media sosial, email marketing, dan ads.

Pasalnya, saluran pemasaran atau marketing channel ini adalah alat yang efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, mempromosikan produk dan layanan, membangun brand awareness, dan melakukan interaksi dengan pelanggan lebih cepat.

Melalui marketing channel, Sobat Folio juga dapat membuat campaign promosi yang kreatif misalnya promo akhir tahun dengan harga menu hanya Rp. 20rb atau campaign kamis manis dengan diskon 15% setiap pembelian es kopi di hari kamis.

Diharapkan Sobat Folio sudah mulai memikirkan strategi bisnis ini untuk mengembangkan usaha kedepannya. Yuk, cek contoh strategi pemasaran yang cocok buat Sobat Folio, di sini: Cari Tahu Contoh Strategi Pemasaran yang Cocok untuk Bisnis Sobat Folio.

Mengembangkan tim yang kompeten

Usaha yang berkembang dengan baik pastinya tidak terlepas dari sumber daya manusia yang baik pula.

Mereka adalah aset berharga bagi bisnis. Sobat Folio bisa menginvestasikan mereka lewat pelatihan dan pengembangan karyawan guna meningkatkan keterampilan dan produktivitas. 

Memiliki tim yang solid dan terampil akan membuat operational bisnis berjalan dengan lancar, dan siap menghadapi berbagai tantangan yang muncul.

Mengelola keuangan dengan bijak

Manajemen keuangan yang baik juga penting untuk kelangsungan dan pertumbuhan bisnis Sobat Folio.

Sobat Folio, pastinya tidak ingin menjalankan bisnis namun memiliki catatan keuangan yang buruk sehingga bingung hasil bisnisnya tidak ada bahkan minus.

Lakukanlah hal-hal seperti memantau arus kas, membuat anggaran yang realistis, membuat laporan keuangan dengan konsisten, dan mengalokasikan dana dengan bijak untuk memahami kondisi keuangan usaha Anda.

Pengelolaan keuangan yang tepat akan membantu Sobat Folio untuk menghindari masalah likuiditas dan memastikan bisnis tetap bejalan dalam kondisi sehat. Namun, bagaimana cara mengatur keuangan dalam usaha? Baca artikel ini, yuk: 7 Cara Mengatur Keuangan Usaha dengan Bijak.

Fokus pada kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis Sobat Folio. 

Berikanlah layanan terbaik dan selalu berusaha untuk memenuhi atau melebihi ekspektasi pelanggan.

Feedback dari pelanggan sangat berharga untuk saran dan masukan terhadap produk atau layanan Anda.

Pelanggan puas akan produk Anda cenderung akan menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain atau memberikan pujian di media sosial.

Inilah Faktor – faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya Usaha

Usaha yang berkembang tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor berikut ini:

  • Visi, misi, dan tujuan yang jelas
  • Kepemimpinan yang efektif
  • Memiliki manajemen yang baik
  • Memiliki produk dan layanan yang berkualitas
  • Tim yang solid dan kompeten
  • Lingkungan kerja yang positif
Itulah cara untuk mengembangkan usaha Sobat Folio. Perlu diingat bahwa, usaha yang tumbuh dengan baik tentunya dipengaruhi oleh faktor internal yang baik pula.

Nah, Agar Sobat Folio bisa mengelola usaha lebih baik lagi dan teratur guna dapat memantau performa bisnis dan karyawan gunakanlah teknologi yaitu aplikasi kasir! Cari tahu lebih lanjut keuntungan menggunakan aplikasi kasir, di sini: Keuntungan Memakai Aplikasi Kasir Online Bagi Bisnis Baru.

Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office