Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Agar Semakin Loyal

06 Agustus 2024
Cara meningkatkan kepuasan pelanggan

Dalam menjalankan usaha, hal yang paling menyenangkan yang dirasakan oleh Sobat Folio adalah pelanggan yang melakukan pembelian kembali, bukan?

Hal yang harus dilakukan agar pelanggan merasa puas, seperti misalnya menanggapi keluhan dengan cepat, kebijakan dalam pengembalian barang, dan terjaganya akan kualitas dari produk atau jasa.

Untuk memahami lebih dalam kenapa penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan bagaimana tips cara meningkatkannya, mari simak artikel ini.

Kenapa Perlu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan?

Bersumber dari laman Survicate, yang mengatakan bahwa 92% pelanggan cenderung akan melakukan pembelian kembali jika mendapatkan pengalaman berbelanja yang positif.

Seperti contoh kecilnya, adanya kebijakan untuk pengembalian barang, atau tersedia layanan customer care 24/7.

Sehingga, adanya rasa kepuasan pelanggan dapat berdampak pada bisnis Sobat Folio, di antaranya:

  • Pertumbuhan bisnis yang meningkat
  • Usaha Sobat Folio akan memberikan nilai plus dibanding kompetitor
  • Pelanggan tidak akan berpindah hati ke produk atau layanan lainnya
  • Mendatangkan pelanggan baru

Untuk itu, setiap bisnis harus memperlakukan kepuasan pelanggan sebagai faktor bisnis yang penting.

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, terdapat berbagai cara yang bisa Sobat Folio lakukan di antaranya mengerti keinginan mereka, menangani keluhan dengan cepat, dan lain sebagainya.

Pahami kebutuhan dan harapan pelanggan

Akan menjadi sia – sia jika Sobat Folio berbisnis namun tidak paham akan masalah dan solusi dari kebutuhan yang mereka harapkan.

Nyatanya, mau bagaimana pun pelanggan atau customer adalah bagian yang paling penting dalam usaha kita.

Berangkat dari sini, Sobat Folio bisa mulai dengan membuat user persona yang mencakup data seperti nama, demografi, jenis kelamin, pekerjaan, masalah, dan hasil yang mereka inginkan.

Untuk menggali informasi tersebut, Sobat Folio dapat melakukan wawancara langsung, survei, testimoni, atau data analisis dari Google Analytics dan semacamnya.

Dengan begitu, Sobat Folio dapat menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Menjaga kualitas produk atau layanan

Tidak ada yang lebih puas dari mendapatkan produk atau layanan yang didapatkan oleh pelanggan.

Untuk itu, pastikan setiap produk yang diluncurkan atau jual memiliki kualitas yang baik serta layanan yang diberikan ramah dan profesional.

Kita ambil contoh, minimarket, pastikan tidak ada barang yang rusak atau kadaluarsa, jaga kebersihan area rak, dan produk agar selalu higienis.

Atau layanan salon, selalu sterilkan peralatan setelah penggunaan, menggunakan produk kecantikan dan perawatan yang berkualitas, dan memiliki pegawai yang ramah.

Sebab, pelanggan yang merasakan kekecewaan akan suatu produk dan jasa tentu akan berdampak buruk bagi bisnis. Ini menjadi momok yang menakutkan bagi bisnis dan pastinya Sobat Folio tidak mau ini terjadi.

Menangani keluhan dan masalah dengan sigap

Tidak semua keluhan dan masalah itu berkonotasi negatif. Bisa saja, dari keluhan dan masalah tersebut dapat menjadi saran dan kritikan yang membangun sehingga membuat usaha Sobat Folio menjadi lebih baik.

Tanggapi keluhan dengan cepat, ramah, dan responsif, berikan solusi yang memadai, dan pastikan pelanggan merasa bahwa mereka ditangani dengan serius dan baik.

Sobat Folio bisa membuka customer service selama jam kerja, memberikan no whatsapp bisnis, atau memiliki karyawan yang terlatih untuk menghadapi keluhan konsumen.

Personalisasi pengalaman pelanggan

Maksudnya adalah proses menyesuaikan interaksi dan layanan yang diberikan kepada pelanggan berdasarkan kebutuhan dan preferensi mereka.

Seperti misalnya, memberikan rekomendasi produk yang sesuai, mengirimkan ucapan ulang tahun, atau menawarkan diskon khusus bagi pelanggan setia.

Sobat Folio bisa mengumpulkan terlebih dahulu data pelanggan baik itu dari survei atau saat pelanggan membeli produk untuk digunakan nantinya. 

Dengan personalisasi membuat pelanggan merasa lebih dihargai dan diperhatikan.

Memberikan kemudahan dalam pengembalian dan penukaran barang

Dalam membeli produk pasti ada kekhawatiran dari diri pelanggan, seperti kesalahan ukuran, ketidakcocokan warna, atau kesalahan merek barang.

Dengan kebijakan seperti retur pengembalian uang (refund), tukar barang, atau tukar tambah barang yang mudah dan tidak merepotkan akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sobat Folio harus memastikan aturan dalam pengembalian dan penukaran barang tertulis secara jelas. Misalnya, tag produk masih ada, atau struk belanja tidak boleh hilang.

Menyediakan fasilitas pembayaran yang beragam

Usaha atau toko yang menyediakan pilihan pembayaran yang berbeda – beda dapat membuat pelanggan merasa lebih nyaman.

Ada berbagai opsi pembayaran, seperti tunai, debit, kredit, e-wallet, dan QRIS.

Apalagi jika kita melirik ke belakang bahwa customer jarang menyediakan uang cash dan mereka lebih nyaman untuk melakukan transaksi secara online.

Memberikan poin untuk setiap pembelian

Adanya pemberian poin untuk setiap pembelian yang dapat ditukarkan dengan diskon, hadiah khusus, atau potongan belanja menjadi hal yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bisa kita ambil contoh, seperti Alfamidi yang di mana ketika kita ingin membayar maka kasir menanyakan apakah kita terdaftar sebagai member? Jika iya, kita akan diberikan poin yang dapat digunakan untuk potongan belanja.

Nah, dari sini Sobat Folio bisa membuat aturan jika ingin mendapatkan poin maka harus terdaftar sebagai anggota dahulu.

Program point-based ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga mendorong mereka untuk terus berbelanja.

Dengan demikian, akan jauh lebih baik jika usaha Sobat Folio memiliki program untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tidak perlu khawatir, Sobat Folio bisa menggunakan teknologi aplikasi kasir untuk mendapatkan fasilitas program loyalty ini. Kalau Sobat Folio penasaran. Baca lebih lanjut di sini: Folio POS, Aplikasi Kasir Terbaik yang Menyediakan Layanan Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Anda.

Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office