Cara Memasarkan Produk Skincare Agar Cepat Dikenal

02 Agustus 2024
Cara memasarkan produk kecantikan
Sobat Folio pasti sudah tidak asing lagi melihat berbagai produk skincare dijual dengan menggunakan media sosial, seperti misalnya live streaming.

Namun, apakah memasarkan produk kecantikan cukup hanya dengan mengandalkan media sosial saja? Simak artikel ini, yuk:

Begini Pentingnya Memasarkan Produk Kecantikan

Mau bagaimanapun kita tidak bisa mengelak bahwa saat ini produk-produk kecantikan sudah banyak bermunculan.

Sehingga, menjadikan pemasaran produk skincare kian kompetitif antara brand satu dengan lainnya.

Jikalau Sobat Folio memasarkan produk hanya satu cara saja, seperti menjual secara offline di toko.

Atau hanya sekedar menggunakan media sosial tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Maka, siap-siap produk kecantikan Sobat Folio tidak dilirik oleh konsumen. 

Dengan begitu, di tengah ramainya bisnis skincare yang berusaha untuk mendapatkan perhatian.

Sobat Folio perlu untuk menerapkan berbagai strategi pemasaran agar berhasil mencapai tujuan yang diharapkan yaitu penjualan yang meningkat.

Kita bahasa di sini.

Cara Memasarkan Produk Skincare Agar Terkenal & Laku

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, menjual produk kecantikan tidak bisa hanya menerapkan 1 cara saja.

Berikut cara lainnya:

Membuat konten yang menarik di sosial media

Jika Sobat Folio membuat postingan untuk dibagikan baik itu Instagram, TikTok, atau Facebook.

Usahakan, tidak hanya membuat postingan tentang produk saja. Buatlah konten – konten yang mengundang engagement orang lain.

Berikan konten yang di mana calon pembeli merasa relate dengan permasalahan mereka dan tujuan yang ingin mereka capai.

Misalnya contohnya, begini. Jika Sobat Folio membuat semua konten tentang produk. Pertanyaannya, Apakah user tahu brand Anda? Datang dari mana brand ini?

Nah, berangkat dari sini, Sobat Folio bisa membuat konten mengenai permasalahan yang umumnya terjadi pada kulit wajah, bagaimana tips untuk mengatasinya.

Lalu, Sobat Folio bisa mengenalkan brand produk kecantikan yang Sobat Folio punya.  Bahwasannya produk skincare ini bisa mengatasi permasalahan yang mereka cari.

Atau kamu bisa membuat konten video yang bersifat entertainment, misalnya membuat challenge menebak barang yang ada di tas belanja atau spill skincare yang digunakan oleh audience.

Melakukan live streaming di sosial media

Sudah tidak diragukan lagi bahwa berjualan via live di media sosial menjadi strategi pemasaran yang sudah banyak digunakan.

Selain dapat menjangkau lebih banyak audience, juga mempermudah audience untuk berkomunikasi langsung dengan penjual melalui kolom comment.

Hal biasa yang sering mereka tanyakan adalah, apakah produk ini cocok untuk jenis kulit mereka, apakah stok dari produk tersebut masih tersedia, atau bahkan promo.

Agar lebih menarik, setting lokasi live streaming sedemikian rupa dengan menggunakan background yang unik serta menampilan produk-produk skincare yang dijual.

Membuat pop-up store pada offline event

Sobat Folio juga bisa mengikuti offline event, salah satu contohnya festival kecantikan seperti BeautyFest Asia, Oh Beauty, atau Jakarta x Beauty untuk memperkenalkan dan menjual produk kecantikan Sobat Folio.

Umumnya, acara ini akan menampilkan puluhan brand kecantikan dengan diskon yang beragam yang disertai dengan berbagai kegiatan seperti talkshow hingga music performance yang dihadiri oleh para beauty enthusiast.

Melalui event ini, Sobat Folio dapat membuat pop-up store yang didekor secara unik plus dapat menambahkan gimmick – gimmick kecil melalui game.

Diharapkan dengan mengikutinya kegiatan ini brand kecantikan Sobat Folio semakin dikenal dan mendongkrak penjualan.

Berkolaborasi dengan influencer

Lebih dikenal dengan istilah endorsement. Yang berarti menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki pengaruh atau influence kuat untuk mempromosikan produk.

Akan bernilai lebih, bila kamu melakukan kolaborasi dengan beauty influencer atau beauty blogger yang memahami dunia kecantikan dan memiliki kepercayaan dari banyak orang saat mereview produk.

Menjual produk di e-commerce

Tidak hanya sosial media, platform seperti e-commerce juga dapat Sobat Folio manfaatkan untuk memasarkan produk kecantikan.

Di sini, Sobat Folio juga bisa melakukan live streaming sambil memberikan promo menarik.

Enaknya lagi, platform e-commerce ini tak jarang mengirimkan push notification marketing dengan pesan berupa diskon, ketersedian kembali produk, flash sale, dan produk eksklusif.

Banyak owner – owner yang menggunakan platform e-commerce untuk menjual produk mereka, sebab segmentasi pasarnya sudah besar. 

Dan rata – rata behavior orang – orang menggunakan e-commerce itu agar mendapatkan ongkos kirim gratis.

Menjual produk offline di toko kecantikan

Tak jarang mungkin Sobat Folio pernah melihat beberapa produk brand kecantikan tersusun di etalase pada toko kecantikan.

Sobat Folio bisa mencoba melakukan ini untuk mulai bekerja sama dengan dengan beberapa toko kecantikan untuk meningkatkan visibilitas dan memungkinkan pelanggan untuk melihat dan mencoba produk secara langsung.

Mengelola iklan berbayar

Jika Sobat Folio memiliki budget yang besar dan ingin produknya cepat dijangkau oleh audience yang tepat maka ads bisa menjadi pilihan yang menarik.

Sobat Folio bisa menggunakan ads di berbagai platform seperti, Google, Instagram, Facebook, dan platform lainnya.

Jangan lupa, keberhasilan suatu ads sangat dipengaruhi oleh strategi iklan, seperti strategi target audience, platform yang dipilih, dan konten yang ciamik.

Menawarkan promosi yang menarik

Siapa yang tidak suka dengan promosi, bukan? Nah, gunakanlah peluang ini untuk meningkatkan omset penjualan Anda.

Promosi seperti buy 1 get 1, paket bundling, atau promosi di event – event tertentu misalnya tanggal kembar, atau libur hari nasional boleh sekali Sobat Folio pakai.

Dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran tersebut diharapkan tujuan yang telah Sobat Folio rencanakan akan tercapai.

Selain menentukan cara memasarkan produk kecantikan Anda, Sobat Folio juga perlu memikirkan sesuatu yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan, di sini: Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Agar Semakin Loyal.
Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office