Peluang dan Tips Membuka Minimarket Rumahan Kecil

11 Oktober 2024
Cara memulai minimarket rumahan kecil
Kini, usaha minimarket kian menjamur tidak hanya dengan konsep franchise seperti Alfamidi atau Indomaret, tetapi juga dengan konsep minimarket rumahan. Untuk memulai usaha minimarket, ada beberapa langkah yang perlu Sobat Folio perhatikan di antaranya modal, lokasi yang strategis, hingga penataan barang. Semua harus dipikirkan secara matang agar memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman bagi pelanggan. Berikut ini beberapa keuntungan dan cara mendirikan usaha minimarket rumahan.

Potensi Usaha Minimarket Rumahan Kecil

Minimarket rumahan kecil adalah toko kelontong versi modern yang menjual kebutuhan sehari – hari, namun tidak selengkap barang yang ada di supermarket.

Namun, bila dibandingkan dengan warung biasa, minimarket sudah menerapkan sistem belanja seperti swalayan, begitu juga dengan konsep penataannya.

Menurut laman Modal Rakyat, membuka usaha minimarket menjadi kesempatan yang bagus, hal ini tidak lain karena minimarket menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari – hari, berbelanja dengan mudah dan nyaman, dan prosesnya cepat.

Di tambah lagi potensi akan terbuka semakin besar, jika usaha minimarket yang Sobat Folio punya berada di lingkungan perumahan, terutama di lingkungan yang jauh dari pusat perbelanjaan.

Plus, usaha tersebut menyediakan produk kebutuhan pokok yang lengkap, seperti sembako, produk kebersihan, dan makanan ringan.

Kita tahu bahwa, saat ini perkembangan gaya hidup masyarakat yang cenderung mencari kenyaman dan kecepatan dalam berbelanja, maka minimarket versi rumahan dapat menjadi solusi yang tepat.

Dilansir dari laman Tempo, bahwa masyarakat lebih suka berbelanja kebutuhan sehari – hari di toko swalayan dengan konsep minimarket karena lokasi yang dekat dengan pemukiman, dan juga lebih praktis karena tidak perlu untuk mengelilingi area belanja yang luas untuk mencari barang yang ingin dibeli.

Keuntungan Usaha Minimarket Rumahan Kecil

Secara umum, usaha minimarket memiliki keuntungan, karena menjadi usaha yang selalu dibutuhkan karena menyediakan kebutuhan sehari-hari masyarakat atau dengan kata lain bukan usaha musiman. 

Memang, jika dibandingkan dengan kelengkapan produk, di minimarket rumahan tidak sekomplit yang ditawarkan oleh minimarket waralaba.

Namun, minimarket yang dibuat dengan konsep rumahan membutuhkan modal yang relatif kecil terlebih jika Sobat Folio dapat memanfaatkan garasi di rumah.

Plusnya, Sobat Folio dapat memanage usaha Sobat Folio sendiri dari mulai pemilihan pemasok hingga melayani pelanggan. Dengan kata lain, tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk menggaji karyawan.

Memang, terdengar sulit namun semua kontrol usaha di bawah kendali Sobat Folio, sehingga Sobat Folio dapat memberikan keputusan terbaik.

Cara Mendirikan Minimarket Rumahan

Memulai mendirikan usaha minimarket rumahan pasti membutuhkan rencana bisnis yang matang. Mulai dari modal, tempat, pemasok, hingga mengatur pelaporan keuangan. 

Meskipun usaha yang Sobat Folio buat tidak sebesar swalayan, tapi setidaknya usaha tersebut memenuhi kebutuhan sehari – hari pelanggan.

Berikut ini langkah - langkah untuk memulai usaha minimarket rumahan dengan rencana yang tepat.

Menyiapkan modal

Dalam usaha apapun, modal menjadi salah satu faktor kunci dalam mendirikan usaha termasuk minimarket. 

Sobat Folio harus membuat rincian biaya, mulai dari pembuatan rak, meja, pembelian barang, dan peralatan lainnya.

Selain itu, modal juga harus mencakup biaya renovasi atau persiapan ruangan, jika minimarket akan menggunakan garasi atau atau sebagian rumah.

Untuk mendapatkan sumber modal, Sobat Folio dapat mengkondisikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing – masing ya, namun ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha, seperti tabungan pribadi, pinjaman keluarga, dan kredit bank. Pelajari lebih lanjut cara mendapatkan sumber modal di sini, yuk: Cara Cerdas Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil.

Menentukan lokasi usaha

Meskipun tidak berada di tengah kota, setidaknya pastikan bahwa usaha berada di lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh pelanggan, misalnya di depan rumah.

Atau lokasi yang dekat dengan perumahan, area kos – kosan, atau lingkungan dengan populasi yang padat.

Pun, rumah Sobat Folio berada di lokasi yang kurang strategis, maka Sobat Folio dapat mempertimbangkan untuk memindahkan usaha ke tempat yang lebih ramai, dengan catatan modal yang dikeluarkan bertambah, atau dapat memaksimalkan strategi pemasaran di lingkungan sekitar agar lebih banyak orang yang tahu.

Mengurus izin usaha

Mengurus izin usaha sangat penting dilakukan untuk meminimalisir risiko masalah di masa depan dan terlindung secara hukum.

Selain itu, mengantongi izin usaha juga dapat memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen, karena dianggap lebih profesional dan terpercaya.

Izin ini biasanya meliputi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Usaha Toko Modern (IUTM), dan bahkan izin dari pemerintah daerah setempat.

Mencari agen distributor

Sebelum mencari agen distributor, Sobat Folio perlu menentukan terlebih dahulu jenis barang yang ingin dijual.

Setelah itu, carilah distributor yang aman dan kalau bisa hindari non distributor besar. Memilih distributor yang tepat akan mempengaruhi harga dan kualitas barang.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengecekan dari sisi harga yang ditawarkan, jumlah konsumen, kualitas produk, dan layanan pengiriman yang cepat dan terpercaya.

Membuat ruangan yang nyaman

Meskipun ruangan yang tersedia mungkin terbatas, pastikan toko diatur dengan baik agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja.

Sobat Folio dapat mengatur barang secara rapi di rak yang mudah diakses, sediakan pencahayaan yang cukup, dan pastikan sirkulasi udara di toko tidak terasa pengap.

Berikan ruangan yang cukup di antara rak – rak agar pelanggan bisa bergerak dengan leluasa, terutama jika minimarket sering ramai dikunjungi.

Jika memungkinkan, tambahkan fasilitas seperti kipas angin, atau pendingin ruangan (AC) agar lebih nyaman.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan toko, rak dan etalase, baik dari sisi produk atau ruangan.

Tata barang dengan rapi

Ruangan yang nyaman akan lebih enak dipandang jika barang yang ada di toko disusun dengan rapi dan baik. 

Pisahkan produk berdasarkan kategori, seperti makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, dan peralatan mandi.

Tidak hanya itu, produk yang paling laris dapat Sobat Folio tempatkan di area yang mudah dijangkau oleh pelanggan.

Beri nama minimarket dan hiasi dengan spanduk

Bangun identitas minimarket Sobat Folio dengan nama yang mudah diingat, unik, atau bahkan nama yang mendatangkan hoki.

Setelah itu, hiasi minimarket dengan spanduk atau plang nama yang sudah Sobat Folio pilih dengan menarik.

Selain spanduk, Sobat Folio dapat menambahkan elemen dekoratif lainnya, seperti banner promosi atau poster produk – produk yang Sobat Folio jual.

Memberikan akses parkir

Memiliki parkir yang cukup dapat meningkatkan kenyaman berbelanja pelangan, terutama jika minimarket Sobat Folio berada di area yang padat.

Pun, bila lahan terbatas, usahakan untuk mengatur area parkir secara efisien agar kendaraan bisa parkir tanpa mengganggu lalu lintas di sekitarnya.

Terlebih, jika ada layanan parkir gratis akan menjadi daya tarik tersendiri, mengingat banyak minimarket modern yang mengenakan biaya parkir untuk pelanggan.

Kelola laporan penjualan dengan baik

Dalam mengelola usaha, terutama minimarket pengelolaan penjualan sangat penting dilakukan. 

Mengingat, dari sisi persediaan barang yang Sobat Folio kelola jumlahnya tidak sedikit, maka apabila tidak di manage dengan baik maka Sobat Folio tidak akan tahu berapa jumlah barang yang masuk dan keluar, berapa sisa barang, apa saja barang yang hampir habis, produk apa saja yang akan kadaluarsa, bukan?

Ditambah, jika laporan penjualan berantakan, maka akan Sobat Folio akan kesulitan untuk memantau arus kas masuk dan keluar, tidak mengetahui pendapatan bersih, sulit menganalisa produk yang paling laku, hingga tidak mengetahui kondisi keuangan usaha secara jelas, apakah mengalami keuntungan atau kerugian.

Untuk itu, Sobat Folio dapat membuat membuat laporan penjualan secara manual (data dicatat satu per satu) atau dengan bantuan software kasir.

Jika ingin membuat laporan penjualan manual, Sobat Folio dapat menggunakan aplikasi Excel lalu menginputkan data satu persatu. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat laporan penjualan secara manual Sobat Folio dapat melanjutkan untuk membaca artikel ini: 7 Cara Membuat Laporan Penjualan Agar Meningkatkan Kinerja Bisnis.

Memulai usaha minimarket rumahan memerlukan persiapan yang matang, mulai dari perencanaan modal hingga pengelolaan penjualan yang efektif.

Agar bisnis Sobat Folio dapat berjalan dengan lancar, menggunakan aplikasi kasir adalah pilihan terbaik, terutama jika Sobat Folio memiliki anggaran lebih.

Menggunakan software ini sobat folio dapat memantau keluar masuknya persediaan, memesan stok ke supplier, mengetahui stok yang menipis, mencetak struk, mempercepat transaksi pelanggan, dan melihat laporan secara langsung.Ada banyak aplikasi kasir yang dapat Sobat Folio, untuk itu pastikan aplikasi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi aplikasi kasir yang cocok untuk usaha Sobat Folio, yuk baca artikel ini: Rekomendasi Aplikasi Kasir Untuk Mempermudah Usaha.

Whatsapp Sales Whatsapp Support 1 Whatsapp Support 2 Telephone Office